Pemkot Pastikan Netralitas ASN Terjamin di Pemilu 2024

Beranda Berita

Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 yang kurang dari setahun lagi, membutuhkan persiapan matang dari sejumlah pihak. Salah satunya ialah aspek netralitas ASN yang sering menjadi sorotan pada setiap pelaksanaan pemilu.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Gorontalo, Marten A. Taha menegaskan seluruh jajaran Pemerintah Kota Gorontalo siap menyukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 dan memastikan ASN Kota Gorontalo akan bersikap netral sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kita harus bantu tugas dari bawaslu dengan menjaga netralitas ASN sesuai ketentuan yang ada dan juga penting untuk seluruh pihak mengambil peran di pemilu tahun depan”ujar Marten saat menjadi narasumber dalam acara sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada ASN pada Pemilihan Umum Tahun 2004 oleh Bawaslu Kota Gorontalo, Sabtu (20/5).

Menurut Marten, penyelenggaraan pemilu saat ini sudah sesuai tahapan yang ada. Lebih lanjut Wali Kota 2 periode tersebut menjelaskan bahwa netralitas ASN adalah hal yang rumit dalam pelaksanaannya.

“Kalau polisi atau militer jelas hak pilihnya tidak ada sehingga pasti bisa netral, tapi di ASN punya hak pilih, like dan coment saja di medsos bisa kena sanksi”jelas Marten.

Selain itu terkait dukungan terhadap penyelenggaran pemilu, pihaknya sudah menyisihkan anggaran sebesar 40 milyar untuk mendukung penyelenggaraan pemilu melalui skema hibah meskipun kondisi fiskal daerah saat ini dalam keadaan tidak sehat.

“itu jelas sesuai ketentuan undang-undangn daerah harus mendukung dalam bentuk alokasi anggaran dan sudah kita siapkan empat puluh milyar tahun ini”ungkapnya. (MTK)

Berita Terbaru


Semua Berita