Terapkan Aplikasi Digital Layananan Kepegawaian, Pemkot Sabet 2 Penghargaan sekaligus dari BKN

Beranda Berita

Kota Gorontalo-BKPP. Penerapan Aplikasi Digital Layanan Kepegawaian yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo berbuah apresiasi dari Badan Kepegawaian Nasional Regional XI. Tak tanggung-tanggung dua penghargaan sekaligus disabet Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Gorontalo. Kategori yang diperoleh meliputi Implementasi Manajemen ASN serta Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian.

Penghargaan tersebut diterima Kepala BKPP Ben Idrus mewakili Pemerintah Kota Gorontalo dari BKN Regional XI yang diserahkan pada Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Transformasi Digital Layanan Kepegawaian di Marlynn Park Hotel Jakarta, Jumat 26/05/2023.

Kepala BKPP Kota Gorontalo Ben Idrus menjelaskan, didua kategori tersebut Pemkot mendapatkan nilai tertinggi di Regional XI Dari semua daerah Kabupaten Kota yang menjadi binaan BKN Regional XI.

"Ada beberapa indikator menjadi standar penilaian dari BKN Regional XI. Mulai dari perencanaan, kebutuhan, mutasi, hingga pensiun, dan juga dilihat dari data usulan yang tepat waktu" Kata Ben Idrus saat dihubungi lewat seluler.

Menurut Ben Idrus semua pelayanan kepegawaian di Kota Gorontalo sekarang sudah berbasis pada digitalisasi. Ini juga berlaku pada kategori implementasi manajemen ASN

"Selain mempermudah layanan-layanan kepegawaian, sistem aplikasi juga dibuat untuk menghindari adanya  kontak langsung dalam pengurusan surat menyurat, termasuk juga untuk menghindari gratifikasi pada pegawai itu sendiri" ungkap Ben Idrus.

Sementara itu Ben Idrus menjelaskan bahwa “Standar penilaian Implementasi Manajemen aparatur sipil negara(ASN), BKN  berdasarkan pada hasil penilaian norma standar, prosedur dan kriteria (NSPK) yang dilaksanakan tahun 2023 ini. Hasilnya indeks tertinggi adalah kota Gorontalo”.

“Bisa jadi prestasi ini salah satunya Pemkot menyahuti arah transformasi digital. Dimana BKPP Kota Gorontalo sendiri sudah memiliki 13 aplikasi pelayanan kepegawaian yang sudah di wadahi dalam satu aplikasi SIMPEL ASN yang telah di lounching pada bulan Desember Tahun 2022 kemarin dan sudah terintegrasi dengan aplikasi BKN " jelas Ben Indrus.

Ben Idrus mengakui untuk meraih 2 penghargaan secara sekaligus bukanlah hal yang mudah. Pihak BKPP Harus melalui proses penilaian yang begitu panjang dan selektif.

"Atas prestasi ini, tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Aparatur Pemerintah atas  komitmennya dalam memberikan pelayanan prima dengan terus tingkatkan pelayanan untuk masyarakat di kota Gorontalo" pungkasnya. (YK)

Berita Terbaru


Semua Berita