Kota Gorontalo-BKPP. Penerapan
Aplikasi Digital Layanan Kepegawaian yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo
berbuah apresiasi dari Badan Kepegawaian Nasional Regional XI. Tak tanggung-tanggung
dua penghargaan sekaligus disabet Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan
Kota Gorontalo. Kategori yang diperoleh meliputi Implementasi Manajemen ASN serta
Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian.
Penghargaan tersebut diterima Kepala BKPP Ben Idrus
mewakili Pemerintah Kota Gorontalo dari BKN Regional XI yang diserahkan pada
Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Transformasi Digital Layanan Kepegawaian
di Marlynn Park Hotel Jakarta, Jumat 26/05/2023.
Kepala BKPP Kota Gorontalo Ben Idrus menjelaskan,
didua kategori tersebut Pemkot mendapatkan nilai tertinggi di Regional XI Dari
semua daerah Kabupaten Kota yang menjadi binaan BKN Regional XI.
"Ada beberapa indikator menjadi standar
penilaian dari BKN Regional XI. Mulai dari perencanaan, kebutuhan, mutasi,
hingga pensiun, dan juga dilihat dari data usulan yang tepat waktu" Kata Ben
Idrus saat dihubungi lewat seluler.
Menurut Ben Idrus semua pelayanan kepegawaian di Kota
Gorontalo sekarang sudah berbasis pada digitalisasi. Ini juga berlaku pada
kategori implementasi manajemen ASN
"Selain mempermudah layanan-layanan
kepegawaian, sistem aplikasi juga dibuat untuk menghindari adanya kontak langsung dalam pengurusan surat
menyurat, termasuk juga untuk menghindari gratifikasi pada pegawai itu
sendiri" ungkap Ben Idrus.
Sementara itu Ben Idrus menjelaskan bahwa “Standar
penilaian Implementasi Manajemen aparatur sipil negara(ASN), BKN berdasarkan pada hasil penilaian norma
standar, prosedur dan kriteria (NSPK) yang dilaksanakan tahun 2023 ini.
Hasilnya indeks tertinggi adalah kota Gorontalo”.
“Bisa jadi prestasi ini salah satunya Pemkot
menyahuti arah transformasi digital. Dimana BKPP Kota Gorontalo sendiri sudah
memiliki 13 aplikasi pelayanan kepegawaian yang sudah di wadahi dalam satu
aplikasi SIMPEL ASN yang telah di lounching pada bulan Desember Tahun 2022
kemarin dan sudah terintegrasi dengan aplikasi BKN " jelas Ben
Indrus.
Ben Idrus mengakui untuk meraih
2 penghargaan secara sekaligus bukanlah hal yang mudah. Pihak BKPP Harus
melalui proses penilaian yang begitu panjang dan selektif.
"Atas prestasi
ini, tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Aparatur Pemerintah
atas komitmennya dalam memberikan
pelayanan prima dengan terus tingkatkan pelayanan untuk masyarakat di kota
Gorontalo" pungkasnya. (YK)